Vaksinasi Cacar Air

Cacar air dapat sembuh bila diobati segera, dibandingkan tanpa diobati atau terlambat diobati. Tenggang waktu penyembuhan bisa berlangsung 1-2 minggu. Tetapi, ada vaksin yang didapat diberikan pada anak untuk mencegahnya tertular cacar air.

Vaksin cacar air sebaiknya diberikan pada anak setelah berusia 1 tahun, ketika ia sudah tidak lagi memiliki kekebalan tubuh dari ibunya. Daya lindung vaksin ini akan mencapai 97%, dan sebaiknya diulang lagi setelah anak berusia 5 tahun.

Sekalipun telah diberi vaksin, selalu saja ada kemungkinan anak mengalami cacar air, namun biasanya infeksi yang dialami relatif ringan dan cepat sembuh.

Sejak tahun 2005, vaksin cacar air digabungkan dengan vaksin untuk penyakit lain, dan dikenal sebagai vaksin MMRV, yaitu vaksin untuk melindungi anak dari gangguan campak, gondok, alergi pernapasan dan cacar air. Sayangnya vaksin ini belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Pekan Menyusui Sedunia 2019

Tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week).

On Air, Seminar Media dan Streaming On line Symposium

Dimulai pada 1 Agustus 2019, dr.Tiwi mulai menggaungkan Pekan Menyusui Sedunia 2019 dengan siaran langsung pada pagi hari pukul 08.00-09.00 WIB di

Seminar ASI, Parenting Class & Afternoon Tea Seminar

Hari Sabtu, 3 Agustus 2019, dr. Tiwi non-stop mendedikasikan diri untuk Pekan Menyusui Sedunia 2019.