Vaksinasi Cacar Air

Cacar air dapat sembuh bila diobati segera, dibandingkan tanpa diobati atau terlambat diobati. Tenggang waktu penyembuhan bisa berlangsung 1-2 minggu. Tetapi, ada vaksin yang didapat diberikan pada anak untuk mencegahnya tertular cacar air.

Vaksin cacar air sebaiknya diberikan pada anak setelah berusia 1 tahun, ketika ia sudah tidak lagi memiliki kekebalan tubuh dari ibunya. Daya lindung vaksin ini akan mencapai 97%, dan sebaiknya diulang lagi setelah anak berusia 5 tahun.

Sekalipun telah diberi vaksin, selalu saja ada kemungkinan anak mengalami cacar air, namun biasanya infeksi yang dialami relatif ringan dan cepat sembuh.

Sejak tahun 2005, vaksin cacar air digabungkan dengan vaksin untuk penyakit lain, dan dikenal sebagai vaksin MMRV, yaitu vaksin untuk melindungi anak dari gangguan campak, gondok, alergi pernapasan dan cacar air. Sayangnya vaksin ini belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.