Vaksinasi Cacar Air

Cacar air dapat sembuh bila diobati segera, dibandingkan tanpa diobati atau terlambat diobati. Tenggang waktu penyembuhan bisa berlangsung 1-2 minggu. Tetapi, ada vaksin yang didapat diberikan pada anak untuk mencegahnya tertular cacar air.

Vaksin cacar air sebaiknya diberikan pada anak setelah berusia 1 tahun, ketika ia sudah tidak lagi memiliki kekebalan tubuh dari ibunya. Daya lindung vaksin ini akan mencapai 97%, dan sebaiknya diulang lagi setelah anak berusia 5 tahun.

Sekalipun telah diberi vaksin, selalu saja ada kemungkinan anak mengalami cacar air, namun biasanya infeksi yang dialami relatif ringan dan cepat sembuh.

Sejak tahun 2005, vaksin cacar air digabungkan dengan vaksin untuk penyakit lain, dan dikenal sebagai vaksin MMRV, yaitu vaksin untuk melindungi anak dari gangguan campak, gondok, alergi pernapasan dan cacar air. Sayangnya vaksin ini belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Ketika Harus Memberi ASI Perah

Komitmen ibu memberikan nutrisi terbaik bagi bayi, yaitu ASI eksklusif, dapat tetap dilakukan saat ibu harus kembali bekerja. ASI perah solusi tepat.

Berapa Lama ASI Perah Dapat Digunakan?

ASI perah memiliki tenggang waktu untuk digunakan, tergantung pada cara penyimpanannya.

Manajemen ASI Perah

ASI perah yang disimpan sebaiknya diberi label tanggal ASI diperah, agar dapat digunakan lebih dulu.