Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut

Penyakit Tangan, atau dalam istilah medis, nama penyakit ini adalah Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD), lebih umum dikenal sebagai Flu Singapura cenderung menyerang anak-anak di bawah usia 4 tahun.

Hand, Foot and Mouth Disease, dipicu oleh virus coxsakie A 16, dan sebenarnya terkategori jenis penyakiti ringan, yang dapat sembuh dalam 3-7 hari saja. Tetapi pada infeksi virus coxsakie A 16, sekalipun jarang, bisa terjadi radang selaput otak (meningitis viral) yang perlu diwaspadai.

Biasanya HFMD terjadi pada musim panas, dan menyerang anak yang belum berusia 4 tahun. Penularan terjadi akibat kontak langsung dari orang ke orang, melalui droplet air liur, feses, cairan vesikel atau ekskreta.

Ketika terserang HFMD, anak akan mengalami hal-hal ini:

  • Demam dengan suhu 38-39ÂșC selama 1-2 hari
  • Bisa terjadi sakit tenggorokan atau sakit pada rongga mulut
  • Timbul bintik kemerahan pada tangan, kaki dan mulut. Bintik tidak terlalu banyak, dan tidak gatal. Bintik yang muncul pada mulut, umumnya terdapat di sekitar bibir, lidah dan dinding pipi bagian dalam.

Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat penurun panas dan pereda sakit, seperti parasetamol. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi anak selama sakit. Jika anak sama sekali tidak mau makan, segera hubungi dokter yang biasa menanganinya.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Ketika Harus Memberi ASI Perah

Komitmen ibu memberikan nutrisi terbaik bagi bayi, yaitu ASI eksklusif, dapat tetap dilakukan saat ibu harus kembali bekerja. ASI perah solusi tepat.

Berapa Lama ASI Perah Dapat Digunakan?

ASI perah memiliki tenggang waktu untuk digunakan, tergantung pada cara penyimpanannya.

Manajemen ASI Perah

ASI perah yang disimpan sebaiknya diberi label tanggal ASI diperah, agar dapat digunakan lebih dulu.