Tanda Lahir

Tanya :

Di punggung bayi saya terdapat tanda seperti tahi lalat besar berwarna merah. Apakah itu berbahaya?

Jawab :
Tanda pada punggung anak ibu tersebut adalah tanda lahir yang tidak berbahaya. Umumnya setiap bayi yang lahir memiliki minimal satu tanda lahir, sekecil apapun tanda tersebut. Biasanya tanda tersebut akan menghilang dengan sendirinya saat anak mencapai usia 3 tahun. Namun beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar. Kebanyakan tanda lahir ini disebabkan adanya pembuluh darah halus di bawah kulit.

 

BEBERAPA TIPE TANDA LAHIR :

  • Strawberry marks

Tanda lahir ini biasanya awalnya hanya terlihat seperti titik merah kecil yang tidak terlalu tampak. Namun tanda ini dapat membesar pada bulan-bulan pertama usia bayi. Jangan khawatir! Umumnya, tanda ini akan mengecil dan menghilang pada tahun kedua tanpa meninggalkan bekas.

  • Salmon Patches

Tanda yang satu ini kerap disebut dengan tanda bangau (stork’s marks) atau gigitan bangau (stork bites) yang biasanya tampak di sekitar kelopak mata atau dibelakang leher bayi. Tanda tak beraturan berwarna merah muda pada bayi umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam hitungan bulan tanpa memerlukan tindakan apapun.

  • Spider birthmarks (naevi)

Tanda lahir ini muncul sebagai perluasan atau pelebaran dari pembuluh darah yang berbentuk jaring laba-laba. Umumnya tanda ini akan menghilang setelah si kecil berusia satu tahun.

  • Pigmented naevi

Tanda berwarna kecokelatan ini biasanya bisa muncul dimana saja di tubuh si kecil. Tanda ini umumnya berwarna agak pucat dan hampir selalu membesar sesuai dengan bertambahnya usia si kecil. Namun tanda seperti ini jarang menjadi berwarna gelap.

  • Port wine stains

Tanda berwarna merah terang atau ungu ini umumnya disebabkan oleh meluasnya pembuluh kapiler di kulit. Walaupun tidak dapat hilang, namun tanda lahir seperti ini dapat dihilangkan dengan bantuan laser, atau disamarkan dengan bantuan produk kecantikan.

  • Mongolian spots

Tanda lahir yang satu ini biasa dimiliki oleh bayi-bayi yang berkulit gelap. Berupa tanda berwarna kebiru-biruan yang umumnya terdapat di bagian belakang tubuh

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Ketika Harus Memberi ASI Perah

Komitmen ibu memberikan nutrisi terbaik bagi bayi, yaitu ASI eksklusif, dapat tetap dilakukan saat ibu harus kembali bekerja. ASI perah solusi tepat.

Berapa Lama ASI Perah Dapat Digunakan?

ASI perah memiliki tenggang waktu untuk digunakan, tergantung pada cara penyimpanannya.

Manajemen ASI Perah

ASI perah yang disimpan sebaiknya diberi label tanggal ASI diperah, agar dapat digunakan lebih dulu.