Rawat Gabung

Tanya:
Waktu saya melahirkan kemarin, para perawat membawa bayi saya untuk diletakkan di ruang bayi. Katanya takut saya terlalu lelah. Akibatnya saya tidak bisa leluasa memberi ASI. Sebenarnya bolehkah kita meminta rawat gabung bersama bayi?

Jawab:
Tentu saja boleh. Itu merupakan hak pasien untuk meminta dirawat gabung bersama bayi yang telah dilahirkannya. Rawat gabung atau rooming in adalah upaya ibu untuk membina kedekatan dengan bayi yang baru dilahirkan, sekaligus memperlancar pemberian ASI. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan bayi mendapatkan kolostrum dari sang ibu, yang merupakan cairan berwarna kuning dan kental, produksi ASI yang pertama. Kolustrum ini penting dikonsumsi bayi, karena mengandung protein dan antibodi yang membantu melindungi bayi dari kemungkinan infeksi. Kolostrum juga merupakan pencahar yang mencegah terjadinya kuning pada bayi.
Atas pertimbangan tersebut, maka tahun 2005, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan kebijakan agar ibu dapat terus bersama bayinya di ruangan yang sama dengan mendorong ibu untuk segera menyusui bayinya kapanpun sang bayi menginginkannya (on demand). Semua upaya tersebut akan membantu kelancaran dan produksi ASI.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.