Langkah Cermat Menghadapi Infeksi Tangan, Kaki dan Mulut

Infeksi Tangan, kaki dan mulut cenderung muncul pada musim kemarau. Langkah cermat Anda, akan sangat membantu si kecil segera pulih dari infeksi ini.

Sekalipun terkategori sebagai infeksi ringan, Hand, Food and Mouth Disease perlu diwaspadai. Semakin cepat ditangani, anak cenderung segera pulih. Jadi, sebaiknya orang tua waspada jika menemukan gejala-gejalanya pada anak, seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Langkah cermat Anda, akan sangat membantu si kecil segera pulih dari gangguan kesehatannya. Apakah yang harus dilakukan?

  • Bawa anak ke dokter untuk memastikan apakah gejala yang dialami benar HFMD
  • Jika pasti, sebaiknya pisahkan anak dari anggota keluarga lain. Hal ini perlu dilakukan, karena HFMD sangat mudah menular.
  • Jaga kebersihan lingkungan dan diri. Ingatkan seluruh anggota keluarga, tanpa terkecuali untuk selalu mencuci tangan dengan benar
  • Pastikan anak yang sakit cukup beristirahat, karena kecukupan tidur akan meningkatkan kekebalan tubuh, dan membuatnya cepat pulih
  • Berikan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  • Pastikan anak tetap makan, dengan menu bernutrisi seimbang
  • Berikan obat yang didapat dari dokter. Biasanya dokter akan memberikan jenis obat simptomatik, untuk mengatasi gejala yang terlihat, seperti; mengurangi gejala demam dan nyeri mulut

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.