Hal Penting tentang Menyusui Bayi Prematur

Apakah menyusui bayi prematur berbeda dari menyusui bayi biasa? Agar pasti, ada baiknya memahami kondisi ini secara tepat.

Bayi prematur, atau umum disebut sebagai bayi belum cukup bulan, karena lahir sebelum saatnya, memiliki banyak kekhasan, karena pertumbuhan organ dan fungsinya belum matang. Inilah yang menyebabkan mereka perlu mendapatkan perawatan khusus. Termasuk saat akan mendapatkan ASI. Tercatat ada beberapa hal penting yang sebaiknya dipahami.

  1. Produksi ASI tergantung kebutuhan. Hasil penelitian menyatakan bahwa jika seorang ibu menyusui bayi prematurnya saat baru lahir, ASI sang ibu mengandung lebih banyak protein dan memiliki jenis lemak yang agak berbeda dibandingkan ASI yang dihasilkan beberapa saat kemudian. ASI pada saat Ini dirancang khusus untuk membantu bayi prematur melalui minggu-minggu pertama yang cenderung sulit.
  2. ASI dapat dipompa. Setelah lahir, besar kemungkinan bayi Anda dirawat di unit perawatan intensif neonatal (NICU - Neonatal Intensive Care Unit). Tak perlu cemas bahwa Anda tak bisa memberinya ASI. Anda bisa memompa. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatakan pada dokter dan perawat bahwa Anda ingin menyusui. Anda dan bayi akan mendapatkan bantuan yang optimal.
  3. Bersabar melewati periode transisi. Setelah si kecil diperbolehkan pulang, dan Anda mulai menyusui sendiri di rumah, pastikan Anda paham dan bersabar. Setelah sebelumnya mendapatkan ASI dari botol atau sendok.
  4. Periode peralihan menyusui di rumah. Setelah bayi dan Anda pulang ke rumah, aktivitas menyusui tidaklah selalu mudah. Anda perlu bersabar melakukannya, terlebih lagi jika bayi Anda sebelumnya terbiasa diberi ASI dengan botol, yang mudah dan lancar aliran susunya. Untuk melatih anak menyusui langsung dari payudara Anda, pada masa peralihan ini dapat digunakan alat bantu berupa puting tambahan yang ditempelkan pada payudara dan memudahkan anak menghisap. sebelum akhirnya dapat menyusu langsung dari payudara Anda. Menyusui langsung dengan bantuan SNS (Suplementer Nursing Sistem) atau NGT (Nasogastric Tube) yang di tempelkan pada puting ibu, adalah salah satu proses relaktasi yang sering harus dilakukan pada bayi prematur
  5. Mencari dukungan. ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi prematur. Tetapi bisa jadi keluarga dan sahabat belum paham tentang hal itu, dan menganggap aktivitas menyusui eksklusif adalah hal yang merepotkan sehingga menyarankan untuk memberi susu formula pada si kecil. Tak perlu ragu menjelaskan tujuan Anda, sehingga mereka paham dan berbalik mendukung aktivitas menyusui untuk si kecil yang lahir prematur ini.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.