Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Bayi Prematur Pulang

Dapatkan informasi tepat dan pelajari teknik merawat bayi prematur sebelum si kecil diperbolehkan pulang, agar Anda pede merawatnya.

Berita pulangnya si kecil yang lahir prematur tentang menggembirakan. Ini berarti perkembangannya baik, dan sudah dalam kondisi normal. Sekalipun demikian, ada hal-hal yang perlu dipastikan dan dipelajari dengan cermat sebagai bekal Anda merawatnya di rumah. Panduan yang diberikan oleh unit perawatan perinatal University of Wisconsin adalah sebagai berikut:

  1. Pelajari cara untuk merawat dan menenangkan bayi. Anda perlu tahu cara tepat memandikannya, dan posisi tidur dan cara terbaik menggendongnya, agar ia cukup mudah terlelap, atau cara paling aman membawanya saat berkendaraan pulang atau pergi ke RS untuk melakukan pemeriksaan kelak.
  2. Cermati obat-obatan yang mungkin masih dikonsumsi bayi. Pastikan Anda mengerti cara memberikan dan dosisnya. Dapatkan informasi ini dari dokter anak Anda.
  3. JIka anak Anda pulang dengan beberapa alat medis yang masih digunakannya, pastikan Anda paham cara kerja alat itu, dan mengetahui secara tepat bagaimana menjaganya agar tetap berfungsi menopang si kecil.
  4. Pelajari teknik CPR (cardiopulmonary resuscitation) atau pernapasan buatan khusus untuk bayi, agar sewaktu-waktu dapat dilakukan dalam kondisi emergensi.
  5. Catat no telepon penting untuk mengatasi kondisi emergensi yang dialami bayi. Simpan di fast dial smartphone Anda, dan tempelkan di area yang terlihat seluruh anggota keluarga, agar dapat diakses segera sewaktu dibutuhkan.
  6. Pastikan dokter yang akan menangani si kecil setelah ia keluar dari RS, dan jangan lupa membuat janji pemeriksaan ulang sebelum si kecil keluar dari RS. Bayi prematur sebaiknya mendapat evaluasi tumbuh kembang paling tidak setiap 3 bulan oleh dokter anak ahli tumbuh kembang.
  7. Tanyakan detail tentang imunisasi, dan pastikan Anda memiliki catatan jenis vaksi yang sudah diberikan, akan diberikan kemudian, disertai jadwalnya.
  8. Cari informasi tentang hasil test rutin si kecil, dan pastikan jika ada test yang perlu diulang, atau tidak.
  9. Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang kemungkinan gangguan kesehatan yang berisiko dialami sekecil ketika ia telah keluar dari RS, dan langkah pencegahan atau penanganan pertama sebelum Anda berhasil membawanya ke RS, agar optimal. Massage bayi secara gentle dan Kangaroo Mother Care (KMC) adalah 2 hal sederhana yang sebaiknya terus dilakukan agar bayi prematur tumbuh stabil. Metode melakukan KMC, dapat dilihat di sini
  10. Dapatkan salinan kesehatan anak sejak lahir hingga ia keluar dari RS, data ini akan melengkapi Anda di kemudian hari jika dibutuhkan, atau jika suatu saat Anda sekeluarga pindah dari kota kelahiran si kecil, sehingga ia tidak lagi ditangani RS dan dokter yang menanganinya selama ini.

Tak ada ibu yang merencanakan kelahiran prematur bagi bayinya. Sekalipun demikian, langkah-langkah ini akan membuat ibu memberi perawatan optimal.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Pekan Menyusui Sedunia 2019

Tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week).

On Air, Seminar Media dan Streaming On line Symposium

Dimulai pada 1 Agustus 2019, dr.Tiwi mulai menggaungkan Pekan Menyusui Sedunia 2019 dengan siaran langsung pada pagi hari pukul 08.00-09.00 WIB di

Seminar ASI, Parenting Class & Afternoon Tea Seminar

Hari Sabtu, 3 Agustus 2019, dr. Tiwi non-stop mendedikasikan diri untuk Pekan Menyusui Sedunia 2019.