Bonding dengan Bayi Prematur Sejak Lahir

Sekalipun si kecil yang lahir prematur tidak dapat didekap dan diayun, karena tindakan medis penyelamatan yang perlu diterimanya, bukan berarti Anda terhalang menjalin ikatan dengannya.

Bayi yang lahir prematur membutuhkan bantuan medis agar ia dapat bertahan melewati periode kritisnya. Saat lahir, umumnya langsung dimasukkan ke dalam ruang NICU -- unit perawatan khusus bayi baru lahir, dan selama beberapa saat akan berada di sana. Berbeda dari bayi lahir cukup waktu yang langsung dapat dirawat bersama ibunya. Sekalipun demikian, ada cara untuk tetap memupuk ikatan dan kedekatan dengan si bayi prematur. Ini caranya:

  • Menyentuh. Umumnya bayi prematur memiliki sosok tubuh yang kecil, terlihat ringkih, sehingga riskan untuk menggendongnya. Jangan termanipulasi kondisi ini. Bayi prematur justru membutuhkan lebih banyak sentuhan dibandingkan bayi lahir normal. Perawat akan memberi tahu pada Anda cara untuk menggendong si kecil. Bahkan jika ia dirawat di dalam inkubator, dan Anda tidak dapat menggendongnya, Anda bisa memasukkan tangan dan mengusap-usap si bayi. Lakukan secara rutin sepanjang hari. Agar anak merasakan kehangatan ibu dan sentuhan ayahnya.
  • Beri ASI. Sekalipun bayi belum siap minum langsung dari payudara ibu, Anda tidak perlu menyerah. Perah ASI, dan berikan pada si kecil dengan bantuan botol. Sebaiknya setiap saat si kecil makan, Ibulah yang memberikannya. Saat memberi makan, sentuh dan usap-usap si kecil agar ia merasa aman dan nyaman, karena ia tahu kebutuhannya selalu terpenuhi.
  • Gendong ala kanguru. Ini adalah cara paling romantis menjalin ikatan dengan si kecil. Letakkan si kecil yang hanya mengenakan popok, di atas dada Anda yang juga terbuka, sehingga terjadi sentuhan kulit dengannya. Selimuti Bayi dan Anda, agar menjaga suhu tubuh tetap hangat.
  • Membacakan cerita dan bernyanyi. Sebenarnya tujuan aktivitas ini adalah membuat anak mendengarkan suara Anda sehingga ia tenang. Lakukanlah hal ini setiap hari, agar bayi mengenali kehadiran Anda, dan merasa nyaman.
  • Memahami kebiasaan bayi. Sebaiknya selalu ingat bahwa bayi yang lahir prematur agak berbeda dibandingkan bayi lahir normal. Jadi sebaiknya Anda memahami kebiasaan mereka, dan bersabar menghadapinya. Tetaplah tenang jika bayi menangis berkepanjangan, misalnya. Perhatikan hal yang membuatnya nyaman, dan upayakan setiap kali ia terlihat rewel.

Mengamati si kecil adalah cara paling tepat mendapatkan informasi tentang dia. Anda memiliki pengetahuan merawatnya, dan membangun hubungan yang kuat. Hal yang sangat dibutuhkan semua anak, tak hanya bayi prematur, di masa pertumbuhannya.

Berbagai artikel tentang bayi prematur, bisa dibaca di sini

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.

Alergi Makanan Atau Intoleransi Makanan?

Kulit bayi kemerahan adalah gejala bahwa terjadi sesuatu dengan kulit atau tubuhnya. Tetapi tidak selalu berarti dia mengalami alergi.

Merawat Luka si Kecil

Setelah luka diobati, langkah selanjunya adalah merawatnya.