Faktor Keamanan Saat Memandikan Bayi Baru

Keamanan adalah faktor utama yang perlu diperhatikan di hari-hari awal kehidupan bayi. Termasuk keamanan saat ia mandi.

Memandikan bayi baru membutuhkan ketelitian. Sedikit saja keteledoran berisiko fatal pada bayi. Ikuti petunjuk keamanan ini, agar saat mandi si kecil minim risiko.

Persiapan

  • Letakkan karpet karet di bawah bak mandi si kecil, agar tidak mudah tergelincir
  • Periksa suhu air dengan siku, untuk memastikan suhu air suam-suam kuku, bukan panas.
  • Atur semua keperluan mandi si kecil dalam jangkauan tangan; sabun, lap, handuk. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak meninggalkan si kecil setiap kali Anda membutuhkan benda-benda itu. Anda juga bisa langsung membungkus tubuh si kecil dengan handuk agar ia tidak kedinginan.

Setelah mandi

  • Angkat segera bayi dari bak mandinya setelah mandi.
  • Keringkan seluruh tubuhnya, hingga benar-benar kering, pastikan seluruh bagian tubuh yang berlipat tidak lembap karena akan memicu gangguan kulit.
  • Pakaikan baju si kecil segera, sekalipun bayi baru belum bisa bergerak beas, pastikan untuk tidak meninggalkannya sendiri saat Anda akan mengambil sesuatu. Geraka-gerakan tangan dan kaki bayi bisa sana membuatnya berubah posisi, sehingga ia berisiko tergelincir dari tempatnya ditidurkan.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.