Tanda-tanda Si Kecil Kenyang

Jangan paksa si kecil menghabiskan makanan saat ia sudah kenyang. Hal ini akan menjadi pengalaman makan tak menyenangkan dan berpotensi memicu perilaku sulit makan kelak.

Selera makan anak berubah dari waktu ke waktu, jadi tidak ada takaran yang tegas bahwa anak harus menghabiskan makananya setiap kali ia makan. Kita harus jeli memerhatikan tanda-tanda bahwa anak telah kenyang, dan tidak lagi bisa menghabiskan makanannya.

Tanda-tanda anak kenyang, antara lain;

  • Duduk bersandar pada kursi, tidak lagi terlihat bersemangat seperti pada awal waktu makan
  • Memalingkan wajah dari makanan
  • Mulai bermain-main dengan makanan
  • Menolak membuka mulut saat disuapi, sekalipun mulutnya sudah kosong

Saat tanda-tanda ini terlihat, sebaiknya Anda tidak lagi memaksa si kecil untuk menghabiskan porsi makanannya yang tersisa. Jika Anda melakukannya, maka si kecil akan memiliki pengalaman tak menyenangkan dan berpotensi mengembangkan perilaku sulit saat makan, kelak.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Jangan Hentikan Si Kecil Bermain Air Liur

Sama seperti berguling, merangkak, atau berjalan, bermain ludah adalah tonggak perkembangan bayi yang penting. Kebiasaan ini lebih dari sekadar bersenang-senang, melainkan menyiapkan si kecil untuk makan dan berbicara.

"Superfood" di Masa MPASI

Kandungan nutrisi hati ayam membuatnya menjadi salah satu sumber makanan penting untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak setelah berusia 6 bulan.

Menyiasati Intoleransi Makanan Si Kecil

Jangan segan mencobakan kembali jenis makanan yang memicu reaksi intolerans pada si kecil. Fungsi metabolismenya akan membaik seiring pertambahan usia.