6 Bulan, Usia Tepat Memulai MPASI

Si kecil telah berusia 6 bulan? Sudah saatnya menambah asupannya dengan makanan padat. Periode ini dikenal sebagai periode MPASI.

Saat anak telah mencapai usia 6 bulan, ia baru boleh diperkenalkan dengan makanan padat. Lalu, mengapa kita perlu menunggu hingga usia ini, untuk mulai memperkenalkan makanan padat pada anak? Ini penjelasannya.

  • Kesiapan tubuh. Pada usia 6 bulan, sistem pencernaan anak sudah lebih matang dan siap menerima makanan padat.
  • Risiko alergi minimal. Sistem kekebalan tubuh anak juga sudah lebih baik, sehingga tidak lagi rentan bereaksi terhadap alergen (pemicu alergi) dari luar tubuh, termasuk makanan yang dikonsumsi.
  • ASI tak lagi cukup. Pada usia 6-12 bulan, standar berat badan anak adalah sekitar 7-10 kg, ini berarti anak membutuhkan 650 Kalori dan 1-3 gram/kg berat badan protein agar pertumbuhannya baik (70 gram daging sapi mengandung sekitar 19 gram protein). Jadi bayi usia 6-12 bulan memerlukan sekitar 16 gram protein. Sedangkan pada usia ini, ASI hanya menyuplai 400 kalori dan 10 gram protein. Maka dibutuhkan MP-ASI perlu memenuhi kekurangan sebesar 250 Kalori dan 6 gram protein, yang dibutuhkan anak setiap hari.
  • Belajar mengunyah. Usia 6-9 bulan adalah masa kritis untuk mengenalkan makanan padat, karena bayi harus belajar mengunyah. Jika periode ini terlewati, bayi cenderung sulit mengunyah dan menelan makanan keluarga, atau menolak makanan padat. Selera makan bayi yang sangat baik di usia ini mendukung pengenalan berbagai jenis makanan dan membentuk pola makan yang baik.
  • Pemenuhan cadangan mineral. Pada usia 6 bulan, cadangan vitamin dan mineral, seperti vitamin D dan zat besi, yang didapat bayi selama dalam kandungan mulai menipis. Nutrisi yang menyusut ini harus dicukupi dengan MP-ASI.

Namun, tak hanya tepat waktu, pemberian MP-ASI juga harus memenuhi syarat; makanan yang diberikan pada bayi harus mengandung cukup energi, protein dan mikronutrien, sehingga mendukung proses tumbuh kembang bayi/anak dan kesehatannya terjaga baik.

Artikel Terkait

ARTIKEL TERBARU

Ketika Harus Memberi ASI Perah

Komitmen ibu memberikan nutrisi terbaik bagi bayi, yaitu ASI eksklusif, dapat tetap dilakukan saat ibu harus kembali bekerja. ASI perah solusi tepat.

Berapa Lama ASI Perah Dapat Digunakan?

ASI perah memiliki tenggang waktu untuk digunakan, tergantung pada cara penyimpanannya.

Manajemen ASI Perah

ASI perah yang disimpan sebaiknya diberi label tanggal ASI diperah, agar dapat digunakan lebih dulu.